Obat Alami Untuk Mata Merah
sehatq

12 Daftar Obat Alami Untuk Mata Merah Yang Bisa Anda Coba!

Berikut ini merupakan obat alami untuk mata merah. Mata merah adalah kondisi yang wajar. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikannya setiap saat. Untuk menjaga kesehatan tubuh, Anda perlu melakukan berbagai tindakan untuk mengobati mata merah.

Biasanya, netra merah disebabkan oleh iritasi netra. Polusi, asap tembakau, alergi, kabut asap, paparan bahan kimia, dan sinar matahari adalah beberapa faktor yang menyebabkan pembuluh darah di sekitar netra melebar. Akibatnya, mata Anda akan menjadi merah.

Selain itu, ada penyebab lain yang lebih serius dari netra merah muda. Misalnya, radang netra, kecelakaan, dll. Jika salah satu dari obat netra merah berikut tidak menyembuhkan kondisi Anda, segera hubungi dokter Anda.

Obat Alami Untuk Mata Merah
wowkeren

Obat Alami Untuk Mata Merah

1. Kompres Dingin

Kompres dingin dapat menjadi salah satu obat alami untuk mata merah. Coba letakkan waslap yang dibasahi dengan air dingin di kelopak netra Anda selama 5 hingga 10 menit. Panas dingin yang dilepaskan melebarkan pembuluh darah dan dengan demikian mengurangi kemerahan di netra.

Cara mengobati sakit netra dengan es batu adalah sebagai berikut:

  • Ambil es batu secukupnya
  • Lapisi dengan handuk atau kain
  • Tempelkan es batu pada netra yang sakit
  • Diamkan selama 15 menit

2. Kantung Teh

Selain kompres dingin, teh celup juga bisa digunakan untuk mengobati mata merah karena mengandung flavonoid dan senyawa lainnya. Anda harus meletakkan kantong teh di lemari es selama 30 menit sebelum meletakkannya di kelopak netra Anda.

Langkah-langkah mengobati netra bengkak dengan kantong teh yakni sebagai berikut:

  • Ambil kantong teh yang sudah diseduh
  • Simpan di kulkas beberapa menit sampai dingin
  • Tempelkan kantong teh dingin pada netra
  • Diamkan 15-30 menit

3. Timun

Apakah Anda suka makan mentimun? Ternyata, timun dapat digunakan sebagai obat alami untuk mata merah. Pengobatan netra merah bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami tersebut. Selain itu, agen anti-inflamasi tenggorokan dapat digunakan untuk mengobati mata bengkak.

Cara yang Anda butuhkan cukup mudah. Pertama, masukkan beberapa potong tenggorokan ke dalam lemari es. Setelah dingin, oleskan irisan tenggorokan ke netra Anda selama 30 menit. Untuk hasil terbaik, lakukan metode ini dua hingga tiga kali sehari.

Berikut ini cara mengobati sakit netra dengan mentimun yang bisa kamu coba:

  • Ambil mentimun lalu iris tipis
  • Rendam sebentar dalam air dingin
  • Tempelkan pada kelopak netra yang tertutup

4. Air Mawar

Pengobatan mata merah selanjutnya yang perlu Anda coba adalah dengan menggunakan air mawar. Firstcry.com menyatakan bahwa air mawar mengandung sifat anti-inflamasi dan iritasi yang efektif. Tip, celupkan kapas ke dalam air mawar dan letakkan di kelopak netra Anda setidaknya selama lima menit.

5. Lidah Buaya

Jika Anda sedang mencari cara untuk menghilangkan netra merah, Anda bisa memilih lidah buaya sebagai obat alami untuk mata merah. Seperti bahan alami lainnya, lidah buaya dikemas dengan sifat anti-inflamasi. Tidak hanya lidah buaya juga mengandung banyak antioksidan yang baik untuk kesehatan netra.

Tipsnya, campurkan gel lidah buaya dengan air secukupnya. Setelah tercampur rata, biarkan menggumpal di lemari es selama satu jam. Selanjutnya, celupkan kapas ke dalam jus lidah buaya dingin dan letakkan di atas netra Anda.

6. Daun Sirih

Daun sirih pula satu diantara bahan natural yang terkenal khasiatnya buat kesehatan dan merupakan satu di antara obat alami untuk mata merah. Langkah memanfaatkannya dengan mempersiapkan 3 lembar daun sirih yang sudah bersih lalu di rebus dengan air hingga mendidih. Setelah air itu sudah dingin gunakan airnya dan bilas pada netra.

Metode melenyapkan mata merah dengan daun sirih merupakan selaku berikut:

  • Ambil sebagian helai daun sirih
  • Mencuci serta bilas daun sirih
  • Rebus serta tambahkan sedikit garam
  • Diamkan rebusan daun sirih hingga dingin
  • Kemudian pakai buat mensterilkan netra 3 kali sehari

7. Madu

Terkecuali khasiatnya dalam menaikkan ketahanan tubuh, madu pula efektif sebagai obat alami untuk mata merah. terlebih netra belekan. Langkah memanfaatkannya bisa dengan awal kalinya mensterilkan netra dengan kapas yang sudah dibasahi oleh air hangat, lalu bagikan madu di bagian netra yang terkena belekan. Gunakan selama 3x satu hari dengan tertib sampai mata jadi sembuh kembali.

8. Air Dingin

Obat alami untuk mata merah selanjutnya yaitu air dingin. Awal yang dapat langsung Kamu jalani selaku metode menanggulangi sakit netra merupakan dengan air dingin.

Mencuci netra dengan air dingin. Bila netra masih terasa sakit, Kamu dapat mengompres netra memakai es batu ataupun frozen food yang sudah dibalut dengan handuk lembut.

9. Pakai Humidifier

Pemakaian AC yang sangat lama di dalam ruangan tertutup membuat hawa jadi kering. Keadaan hawa yang kering tersebut bisa menimbulkan netra merah serta kering. Buat mencegahnya, hendaknya pakai pelembap hawa ataupun humidifier. Tidak hanya melembapkan hawa, perlengkapan ini pula berperan buat mensterilkan hawa dari debu serta kotoran, sehingga resiko netra terpapar debu pemicu iritasi ataupun alergi hendak lebih rendah.

10. Memakai Dental Floss

Menggosok gigi saja tidak lumayan buat mensterilkan sisa- sisa santapan yang menyempil di sela- sela gigi. Oleh sebab itu, Kamu disarankan buat memakai dental floss yang bisa mensterilkan sisa- sisa santapan sampai ke sela- sela gigi.

Mensterilkan sela- sela gigi dengan dental floss tidak cuma dicoba bila terdapat sisa santapan yang terselip, tetapi pula butuh dicoba secara teratur sehabis menggosok gigi. Dengan metode ini, bisa menghindari munculnya bau mulut.

Bila Kamu hadapi netra merah yang terkategori ringan ataupun bukan diakibatkan oleh penyakit netra berat, pada biasanya bisa sembuh sendiri dalam waktu sebagian hari. Tetapi, bila keadaan netra merah yang Kamu natural tidak kunjung sembuh dalam waktu 1 pekan ataupun bila netra merah diiringi dengan sebagian keluhan lain, semacam rasa perih, keluar nanah ataupun darah, pemikiran buram, ataupun sensitif terhadap sinar, hendaknya Kamu lekas periksakan diri ke dokter mata.

11. Memakai Air Mata Buatan

Metode menanggulangi netra merah selanjutnya merupakan memakai air mata buatan, yang berguna buat mensterilkan netra. Metode ini bisa menanggulangi netra merah yang diakibatkan oleh pemakaian lensa kontak yang sangat lama ataupun sindrom mata kering, sehingga hendak terasa lebih aman serta sejuk.

Tidak hanya itu, Kamu pula dapat memakai obat tetes netra yang dijual di pasaran. Yakinkan isi serta khasiat obat netra tersebut cocok dengan keadaan mata Kamu.

Obat tetes netra tipe antihistamin berperan buat meredakan netra merah yang diakibatkan oleh alergi, sebaliknya obat mata tipe dekongestan digunakan buat meredakan mata merah yang diakibatkan oleh pelebaran pembuluh darah mata. Bila Kamu belum percaya pemicu mata merah yang Kamu natural, hendaknya bertanya dengan dokter mata terlebih dulu saat sebelum memakai obat tetes mata.

12. Garam

Metode menyembuhkan netra bengkak serta gatal dan berair bisa diatasi dengan membasuh air garam. Garam bekerja dengan meresap penimbunan cairan yang menimbulkan pembengkakan pada mata.

Berikut ini langkah- langkah pemakaian garam selaku obat sakit netra belekan:

  • Ambil 1/ 2 sendok teh garam
  • Tuangkan ke dalam secangkir air hangat
  • Aduk sampai garam larut
  • Rendam kapas serta letakkan pada netra
  • Perkenankan sepanjang 5 menit
  • Ataupun pakai cairan saline dari apotek

Demikian beberapa obat alami untuk mata merah yang dapat dilakukan di rumah ya, sobat otobiez. Semoga bermanfaat dan mata merah yang dialami dapat segera pulih. Terimakasih.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.