Ramuan Herbal Pembersih Hati
medicinenet

15 Daftar Ramuan Herbal Pembersih Hati Yang Bisa Anda Coba!

Ramuan herbal pembersih hati untuk meningkatkan kesehatan liver atau hati, tubuh yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa herbal tertentu dapat membantu melawan heart disease seperti sirosis (jaringan parut pada hati) atau infeksi seperti hepatitis B dan hepatitis C (virus yang diketahui menyebabkan hepatitis).

Ramuan Herbal Pembersih Hati
okezone

Ramuan Herbal Pembersih Hati

Berikut adalah ramuan herbal pembersih hati yang dapat Anda coba untuk meningkatkan kesehatan hati Anda:

1. Milk thistle (Silybum marianum)

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2001, milk thistle mungkin berguna pada pasien dengan sirosis. Studi ini menganalisis 5 uji klinis (dari total 602 pasien sirosis). Para peneliti menemukan bahwa ramuan herbal pembersih hati dengan susu dapat secara signifikan mengurangi penyakit yang berhubungan dengan hati.

Dalam tinjauan studi yang diterbitkan pada tahun 2005, para peneliti melihat beberapa studi klinis yang melihat penggunaan susu thistle dalam pengobatan hepatitis C dan hepatitis B.

Meskipun penulis ulasan tidak menemukan bukti bahwa milk thistle dapat membantu menghilangkan semua jenis virus hepatitis dari tubuh, beberapa penelitian menunjukkan bahwa milk thistle dapat membantu membatasi peradangan terkait hepatitis C dan melindungi terhadap kerusakan sel heart.

2. Kunyit

Ramuan herbal pembersih hati selanjutnya adalah kunyit. Studi awal menunjukkan bahwa kunyit diyakini berguna dalam pengobatan hepatitis B dan hepatitis C. Dalam studi sel heart 2009, para peneliti menemukan bahwa ekstrak mentimun membantu mencegah pertumbuhan kanker hati dan replikasi virus hepatitis B.

Sebuah studi tabung reaksi yang diterbitkan pada tahun 2010 menemukan bahwa ekstrak kunyit dapat membantu mencegah replikasi virus hepatitis C.

3. Burdock atau Gobo

Ramuan herbal pembersih hati selanjutnya adalah burdock atau gereja pagi. Menurut sebuah penelitian pada hewan yang diterbitkan pada tahun 2000, burdock atau burdock (herbal yang biasa digunakan sebagai penangkal alami) dapat membantu melindungi sel-sel heart dari kerusakan yang disebabkan oleh asetaminofen.

Dalam tes pada tikus, para peneliti menemukan bahwa antioksidan burdock mampu mengurangi efek berbahaya dari asetaminofen, racun metabolik yang umum digunakan, pada berbagai penghilang rasa sakit.

Studi berbasis hewan lainnya menunjukkan bahwa burdock juga dapat membantu melindungi hati dari kerusakan terkait alkohol.

4. Temulawak

Kurkumin merupakan zat yang terdapat pada rimpang temulawak yang dapat melindungi heart dari peradangan. Bahan aktif dalam kurkumin memiliki efek peradangan dan hepatotoksik yang menjaga kesehatan hati dari peradangan sehingga dapat digunakan sebagai ramuan herbal pembersih hati.

Selain itu, konsumsi ekstrak jahe dapat mengatasi sakit perut, asam urat, menambah nafsu makan dan membersihkan lambung.

5. Sambiloto

Menurut Rapidhomeremedies, bagian yang digunakan pada tanaman sambiloto adalah daunnya. Daun sambiloto merupakan ramuan herbal pembersih hati yang memiliki rasa pahit yang kuat karena adanya zat andrografolida.

Tapi jangan salah, tanaman ini membunuh inti sel tumor, meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan infeksi, merangsang fagositosis, terutama kemampuan sel untuk menghancurkan benda. Aneh seperti bakteri, virus di dalam tubuh.

6. Pegagan

Daun pegagan memiliki efek hepatoprotektif yang sangat baik pada penderita hepatitis. Tanaman ini dapat meningkatkan perbaikan sel heart dan memperkuat serta menjebak radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Hal ini karena pegagan mengandung zat aktif aziaticoside.

7. Teh Hijau

Kombinasi ekstrak teh hijau dan olahraga mengurangi keparahan penyakit heart berlemak yang terkait dengan obesitas hingga 75% pada tikus yang diberi satu dosis teh hijau, menurut peneliti Penn State.

Dalam studi tersebut, tikus yang diberi diet tinggi lemak selama 16 minggu, makan ekstrak teh hijau dan berolahraga secara teratur pada siklus, ditemukan hanya memiliki seperempat dari simpanan lemak mereka. Hati dibandingkan dengan tikus itu sendiri.

Tikus yang diobati dengan ekstrak teh hijau atau olahraga saja memiliki lemak heart setengah lebih sedikit daripada kelompok kontrol.

Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah ada sinergi antara ekstrak teh hijau dan olahraga yang bersama-sama mengurangi lemak yang tersimpan di hati.

Namun, teh hijau telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan meredakan berbagai gejala.

8. Pepaya

Pepaya merupakan ramuan herbal pembersih hati natural yang sangat nyaman buat penyakit liver, paling utama buat sirosis hati. Komsumsi pepaya secara tertib bisa menolong melindungi seluruh keadaan yang berhubungan dengan hati. Gabungkan separuh sendok teh juice lemon dengan 2 sendok teh juice pepaya serta konsumsilah tiap hari.

9. Gooseberry

Gooseberry ataupun biasa diucap buah cermai merupakan sumber yang kaya hendak vit C yang pastinya membuat guna hati terus menjadi maksimal. Kalian dapat makan 3 hingga 4 cermai mentah satu hari ataupun komsumsi sehabis diparut serta dimakan dengan salad ataupun dadih.

10. Bayam dan Wortel

Bayam serta wortel sangat kaya nutrisi yang menolong badan senantiasa sehat. Bahan natural ini pula menolong dalam mengendalikan hemoglobin badan kalian. Buatlah juice bayam serta wortel dengan perbandingan yang sama. Minumlah tiap hari buat revisi hati kalian.

11. Alpukat dan Kenari

Memasukkan alpukat serta kenari dalam santapan hendak melindungi hati kalian dari penyakit. Glutathione dalam alpukat serta kenari hendak mensterilkan sisa toksin yang terdapat di hati. Konsultasikan pada dokter bila tidak terdapat pergantian ataupun buat langkah lebih pas menanggulangi guna hati.

12. Air Kelapa

Air kelapa merupakan ramuan herbal pembersih hati. Air kelapa diblender bersama jahe ataupun kunyit ataupun kencur ataupun temulawak pula dapat, nanti airnya diminum satu hari sekali. Sebaliknya pemanisnya dapat ditambahkan kurma, supaya lebih nikmat diminum

13. Jus Jeruk+Bawang Putih+Jahe+Minyak Zaitun

Ramuan herbal pertama yang bisa anda gunakan untuk membersihkan hati adalah dengan menggunakan keempat bahan alami ini seperti jus jeruk, bawanh putih, jahe, dan minyak zaitun. Kombinasi dari keempat bahan alami ini dapat membilas keluar semua lemak dan racun yang ada dalam hati.

Campurkan jus jeruk sekitar 90 ml, perasan bawang putih, perasan jahe, dan 1 sdm minyak zaitun. Minum ramuan herbal ini setiap pagi harinya dalam jangka waktu 10 hari namun jangan lupa konsumsi sayuran secara rutin.

14. Jus Peterseli

Untuk membuat ramuan herbal ini, siapkan 2 batang seledri, 1 buah biat, 1 mentimun kecil, 2 buah wortel, 1 lemon segar, dan 1 ons peterseli. Untuk peterseli bisa anda rendam terlebih dahulu di air hangat dan kemudian tambahkan cuka apel sedikit saja.

Haluskan dan campurkan semua bahan dengan menggunakan balnder. Anda juga bisa menambahkan sedikit es batu ke dalamnya. Setelah itu konsumsi jus ini secara rutin untuk membuat hati bersih dari segala racun dan penyakit di dalamnya.

15. Jeruk Bali

Dalam buah jeruk bali terkandung zat antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa ini sangat cocok dan berguna untuk menghalau virus dan bakteri penyebab penyakit liver.

Vitamin C dalam buah ini menjadi senyawa lainnya yang baik untuk membersihkan hati secara alami. Karena itu, penting mengonsumsi air jeruk bali setiap hari secara rutin.

Makan buah ini juga sangat berguna untuk membantu proses detoksifikasi racun menjadi lebih lancar. Selain itu juga bisa membantu mengeluarkan racun penyebab kanker.

Berikut informasi mengenai ramuan herbal pembersih hati, yang bisa anda coba dirumah dan semoga berhasil setelah mencobanya. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.