3 Tips Menerapkan Unique Selling Point ke Bisnis Anda

3 Tips Menerapkan Unique Selling Point ke Bisnis Anda

Apa yang membedakan bisnis Anda dengan bisnis sejenis lainnya? Silakan coba jawab pertanyaan ini sebelum membahas lebih jauh keunikan nilai jualnya. Nah, ternyata bisnis Anda bisa menjadi lebih unggul ketika Anda memiliki single point of sale (USP) yang mendorong konsumen untuk berbalik dan membeli produknya.

3 Tips Menerapkan Unique Selling Point ke Bisnis Anda
hosteko.com

Keberadaan toko unik ini memegang peranan yang sangat penting. Dalam bisnis, persaingan adalah sesuatu yang akan selalu ada dan tidak perlu ditakuti. Bahkan, Anda dapat belajar banyak dari pesaing Anda tentang berbagai strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas produk. Dalam hal ini, Anda harus mampu bersaing, karena jika tidak, Anda akan kalah dalam memperebutkan konsumen.

Hal-hal tersebut dapat dihindari jika Anda dapat memahami keunikan nilai jual produk yang ditawarkan. Untuk lebih jelasnya berikut pembahasan mengenai keunikan outlet dan mengapa penting dalam perkembangan bisnis. Baca terus!

Apa definisi dari Unique Selling Point?

Unique Selling Point adalah cara untuk mengidentifikasi keunikan yang membedakan bisnis Anda dari bisnis serupa lainnya. Artinya, unique selling point adalah salah satu alasan utama konsumen rela mengeluarkan uang untuk membeli produk dari Anda, bukan pesaing.

Bagaimana bisa? Karena jika semua orang menerbitkan produk yang sama, tentu konsumen akan bingung memilih produk. Hingga pada akhirnya, konsumen atau pelanggan hanya membeli produk dari penjual yang diyakini memberikan keunggulan dibandingkan penjual lainnya. Misalnya, harga jauh lebih rendah, itu akan lebih disukai. Nah, inilah yang dimaksud dengan single point of sale.

Apalagi di era yang sibuk ini dimana kompetitor tidak hanya datang dari dalam negeri tapi juga dari seluruh penjuru dunia. Artinya kita sebagai pelanggan sebenarnya dihadapkan pada banyak pilihan. Jadi, jika dirasa kurang memberikan keuntungan, calon konsumen akan lebih mudah beralih ke penjual lain.

Cara menentukan unique selling point bisnis Anda

Setelah memahami pentingnya one stop shop, kini saatnya membahas bagaimana menentukan one stop shop untuk bisnis Anda. Tips ini tentunya bisa disesuaikan dengan perusahaan Anda masing-masing.

Tahu apa yang diinginkan konsumen

Langkah pertama adalah mencari tahu apa yang sebenarnya diinginkan konsumen dari bisnis Anda. Misalnya Anda memiliki bisnis kuliner dan tentunya konsumen atau pelanggan juga ingin mencari tempat yang bisa mengatasi rasa laparnya.

Tetapi jika hanya itu yang mereka inginkan, tempat kuliner mana pun dapat menyediakannya. Jadi apa yang membuat pelanggan mendapatkan lebih banyak dari restoran Anda daripada yang lain?

Di sini jawabannya bisa berkaitan dengan harga, pelayanan, rasa makanan, kebersihan, keramahan tempat dan banyak lagi. Oleh karena itu, perlu diketahui apa yang diinginkan konsumen. Cara mudah adalah dengan mengirimkan survei langsung ke pelanggan.

Memberikan kepuasan batin kepada konsumen

Kepuasan batin konsumen juga merupakan salah satu cara yang dapat menjadi kekuatan unik bagi bisnis Anda. Berikut adalah beberapa contoh yang mungkin ingin Anda ikuti.

Gaya hidup yang sehat

Dengan menerapkan strategi kepada pelanggan, jika lebih sehat menggunakan produk Anda juga bisa menjadi USP. Sehingga pelanggan dapat mengetahui jika produk Anda mampu meningkatkan kesehatan tubuh dan jauh lebih sehat dibandingkan produk lainnya.

Perlindungan lingkungan

Selain merasa puas secara mental, pelanggan juga ingin merasakan kebahagiaan yang sama dalam waktu yang bersamaan. Ketika mereka juga membantu melindungi lingkungan dengan menggunakan produk Anda. Misalnya, plastik yang Anda gunakan dapat didaur ulang.

Lihat Kompetitor

Cobalah sesekali melihat pesaing Anda, melihat pesaing bukan berarti Anda ingin curang. Tujuan dari memandang kompetitor tersebut merupakan buat mengenali apa saja kelemahan mereka sehingga bisa dijadikan pelajaran buat digunakan selaku USP. Di satu sisi, Anda dapat menggunakan kelemahan ini untuk mendapatkan keuntungan bisnis.

Anda bisa memulainya dengan mengunjungi toko mereka, baik offline maupun online. Di sini Anda dapat mengetahui sistem seperti apa yang mereka jalani. Perhatikan semua aspek toko mereka.

Kemudian perhatikan poin-poin yang tidak dimiliki pesaing. Kemudian validasi hasil pencarian Anda. Ada dua cara efektif untuk memvalidasi. Pertama, tinjau ulasan pelanggan menggunakan alat Google Bisnisku.

Cara lainnya adalah dengan mengajukan pertanyaan langsung kepada pelanggan Anda yang membeli produk toko. Pada kenyataannya, cara ini agak kejam, tetapi tidak demikian halnya dengan pengusaha sukses yang berani mengambil semua risiko.

Langkah terakhir adalah membuat toko unik berdasarkan data yang diperoleh dan menerapkan toko unik baru ini ke setiap strategi pemasaran Anda yang akan datang.

Kesimpulan

Nilai jual yang unik membuktikan bahwa ia berperan penting dalam keberlangsungan bisnis Anda. Dalam jangka panjang, kekuatan unik ini akan membuat perbedaan antara bisnis yang sukses dan bisnis yang tidak berkembang atau bahkan gagal.

Ketika konsumen memilih produk Anda, itu berarti produk Anda memiliki keunggulan dan pasti akan direkomendasikan kepada orang lain. Tapi jika produk Anda biasa-biasa saja, apalagi mendapatkan rekomendasi, konsumen mungkin tidak akan meliriknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *