7 Tips dan Strategi Bisnis Saat Work From Office

7 Tips dan Strategi Bisnis Saat Saat Work From Office

Momen kembali ke kantor atau yang biasa kita sebut dengan office form work memang sudah ditunggu-tunggu oleh banyak pekerja. Tidak dapat dipungkiri, kemauan buat dapat berhubungan langsung dengan rekan kerja membuat kemauan buat kembali ke kantor terus menjadi membara.

7 Tips dan Strategi Bisnis Saat Work From Office
www.ocbcnisp.com

Beberapa perusahaan mulai kembali menerapkan aktivitas work from office bagi karyawannya. Namun, pelonggaran aturan ini tidak berarti bahwa perusahaan dapat melanjutkan bisnisnya secara normal. Berbagai aturan seperti PPMK mengharuskan perusahaan beradaptasi untuk memenuhi protokol kesehatan dalam operasionalnya, dan ini jelas bukan hal yang mudah.

Beberapa kantor telah merespons masalah ini dengan menerapkan transisi kerja dari kantor (WFO), di mana beberapa karyawan harus masuk kerja shift. Saat ini, penting bagi kita untuk menerapkan protokol kesehatan berlapis yang bersifat protektif dari luar dan dalam.

Namun dengan melonggarnya aturan tersebut, bukan berarti perusahaan bisa menjalankan bisnisnya sembrono seperti dulu. Karena meski melemah, pandemi COVID-19 tetap ada. Jika Anda lalai, bukan tidak mungkin pandemi akan semakin parah dan kasus positif infeksi akan bertambah.

Strategi bisnis untuk Work From Office

Bagi para wirausahawan, mereka pasti membutuhkan strategi yang tepat ketika mulai menerapkan OMA, jadi inilah beberapa strategi yang tepat untuk menghadapi kehidupan kerja baru agar nyaman, efisien, dan produktif.

Cek Kesehatan Karyawan

Pemeriksaan kesehatan tidak hanya dapat menjaga kesehatan karyawan, tetapi juga dapat membantu mengurangi rasa takut dan kecemasan untuk kembali bekerja. Untuk membuat prosesnya sedikit lebih mudah, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk bermitra dengan klinik yang dapat memberi Anda sumber daya yang tepat. Dari tenaga medis hingga mengemudikan COVID-19, melindungi personel perusahaan akan sangat berarti.

Tetap Suportif

Anda mungkin siap untuk kembali, tetapi Anda mungkin memiliki beberapa karyawan yang masih merasa tidak nyaman pergi ke kantor. Karena ketidakpastian seputar pandemi, karyawan berjuang dengan tingkat ketakutan dan kecemasan yang sangat tinggi. Meskipun Anda tidak dapat menghilangkan rasa takut ini, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menunjukkan dukungan Anda.

Dorong staf untuk bersikap transparan tentang bagaimana perasaan mereka ketika mereka kembali bekerja dan tunjukkan bahwa Anda mendengarkan dengan mengatasi masalah.

Kenali masalah karyawan

Ketika Anda kembali bekerja, Anda memahami bahwa setiap karyawan memiliki kebutuhan yang berbeda. Sedangkan seorang bisa jadi berjuang dengan pengasuhan, yang lain bisa jadi takut tentang mengekspos anggota keluarga yang mempunyai imunitas terhadap virus.

Saat Anda menerapkan strategi re-entry Anda, cobalah untuk memahami masalah yang dirasakan. Maka dengan ini, karyawan juga merasa senang karena merasa dihargai.

Evaluasi aturan WTO

Ketika bisnis Anda dibuka kembali, kebijakan internal Anda perlu dipantau dan disesuaikan. Tetap up to date dengan perubahan aturan dan bimbingan medis dengan tetap selaras dengan kebutuhan Anda. Seiring waktu, perusahaan mungkin perlu mengubah pekerjaan mereka dari rumah karena pandemi telah dimulai dan kebijakan pemerintah telah disesuaikan.

Tips saat bekerja dari kantor

Kembalikan semangat

Membiasakan bangun siang dan tidak perlu khawatir keluar rumah untuk pergi ke kantor tentu menjadi kenyamanan tersendiri saat bekerja dari rumah. Juga, bagi mereka yang tinggal jauh dari kantor. Namun, banyak sekali hal menarik dan seru yang hanya bisa kamu dapatkan jika kamu bekerja dari kantor.

Seperti bertemu langsung dengan teman kantor, koordinasi pekerjaan lebih cepat dan mudah, hang out bareng teman kantor saat makan siang atau sepulang kerja. Jadikan hal-hal menyenangkan ini sebagai motivasi Anda untuk kembali bekerja di kantor.

Jaga Kesehatan

Leluasa beraktifitas di luar rumah bukan berarti melupakan berartinya kesehatan serta protokol kesehatan. Dengan berolahraga di luar rumah, tubuh Anda membutuhkan perlindungan kesehatan dua kali lebih banyak daripada berolahraga di dalam ruangan. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi vitamin dan mengonsumsi makanan atau minuman yang sehat.

Salah satu yang bisa diperhatikan adalah jus yang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, seperti membantu menjaga kekebalan tubuh, mencegah kanker, dan mendetoksifikasi tubuh. Plus, menggabungkan buah-buahan yang berbeda dalam minuman sehat juga dapat membantu membangun stamina selama kegiatan di luar ruangan.

Kebutuhan tubuh terpenuhi

Anda pasti pernah mendengar istilah tubuh memiliki alarm biologis. Istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi tubuh yang mulai menurun setelah terlalu lelah beraktivitas. Misalnya, saat bekerja dari rumah, tidak jarang mengalami lembur dan kurang tidur.

Bawa makanan dari rumah

Jika Anda merasa tidak punya cukup waktu untuk memasak di pagi hari, cobalah membuat sarapan sederhana. Sarapan pagi akan membantu seseorang untuk memiliki konsentrasi yang lebih besar selama beraktivitas sepanjang hari. Untuk memenuhi kebutuhan sarapan yang lebih sehat mulai dari snack, gula hingga minuman berbahan dasar sereal yang bergizi,

Hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat memulai bisnis di luar rumah. Pastikan tubuh Anda mendapatkan istirahat yang cukup, tidak tertekan dan memiliki suplai nutrisi yang cukup. Dengan begitu, aktivitas Anda sehari-hari tidak akan terganggu dan bahkan bisa lebih optimal.

protokol kesehatan 3M

Meski semua rekan kerja di kantor sudah divaksin, kita tetap harus rajin cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak saat berinteraksi. Protokol kesehatan 3M ini terbukti menjadi langkah preventif untuk mengantisipasi tubuh terpapar virus.

Meeting Online Tetap Diterapkan

Rapat atau diskusi bersama di dalam atau di luar kantor bisa menjadi kenangan tersendiri untuk beberapa bulan ke depan. Pasalnya, meski sudah masuk kantor, karyawan tetap bisa menggelar rapat secara online.

Ruangan Lebih Tertutup

Konsep bekerja di luar ruangan telah menjadi tren bagi beberapa perusahaan. Namun sayangnya, tren ini tidak akan efektif. Namun, dengan memberikan sekat di setiap ruangan atau area kerja, diyakini mampu menghambat penyebaran virus.

Kesimpulan

Sungguh menjadi tantangan tersendiri bagi para pengusaha untuk menghadapi new normal hari ini dan kembali bekerja dari kantor. Cegah arus kas Anda dari kehilangan, selalu pertahankan nilai positifnya.

Jangan lupa, selalu siapkan rencana cadangan terlebih dahulu. Semoga setelah masa pandemi ini berakhir, usaha Anda semakin kuat karena Anda telah melewati masa-masa sulit. Untuk mempermudah perhitungan transaksi masuk dan keluar pada arus kas perusahaan Anda, gunakan software akuntansi terintegrasi seperti MASERP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *