Pengertian Dan Ciri Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi

Pengertian Dan Ciri Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi

Manusia bukan hanya makhluk sosial tetapi juga makhluk ekonomi. Apa artinya menjadi makhluk ekonomi? Berikut penjelasannya.

Pada hakekatnya, seseorang sebagai entitas ekonomi bergantung pada sumber daya yang terbatas, sedangkan kebutuhan masyarakat meningkat. Oleh karena itu, orang perlu berusaha untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

Pengertian Dan Ciri Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi
kompas.com

Memahami manusia sebagai makhluk sosial

Merujuk pada buku ‘Integrated Sociological Studies (Sociology, Geography, Economics, History)’ karya Nana Supriatna dan lain-lain, gagasan dasar manusia sebagai Homo economus yang hidup pertama kali diterbitkan oleh Adam Smith yang dikenal sebagai Bapak Ilmu Ekonomi.

Dalam bukunya ‘Investigating the Structure and Causes of Foreign Wealth’, Smith menjelaskan bahwa manusia adalah makhluk ekonomi karena orang yang dicintai tidak pernah puas dengan kekayaan bangsa. Prestasi dan terus-menerus berusaha untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Sedangkan dalam Collins Economic Dictionary, ekonom adalah orang yang selalu bekerja menurut akal untuk mencapai tujuannya. Seseorang kemudian akan membuat keputusan yang sejalan dengan tujuan itu.

Dengan begitu, baik dia produsen atau pedagang, dia akan berusaha melipatgandakan keuntungan yang diperoleh dengan memilih harga jual dan ukuran penawaran.

Sekarang jika pembeli akan mencoba memanfaatkannya sebaik mungkin atau melaporkannya dengan memilih produk atau layanan terbaik yang dia inginkan dengan harga yang lebih rendah.

Penjelasan selanjutnya, menurut situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, masyarakat diperlakukan sebagai makhluk ekonomi karena pada umumnya mereka selalu berusaha untuk kepuasan dan kesejahteraan. Manfaat memikirkan pengorbanan harus dilakukan. .

Ini berarti bahwa orang tersebut harus tahu kapan harus berkorban dan apa yang harus dilakukan sekarang agar berfungsi dengan baik.

Ciri-ciri manusia sebagai Makhluk ekonomi

Menurut definisi yang telah dijelaskan sebelumnya, situs web Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, secara umum, manusia adalah makhluk ekonomi dengan ciri-ciri sebagai berikut:

1. Seseorang yang melakukan kegiatan ekonomi berdasarkan kepentingannya sendiri, tanpa alasan lain.

2. Seseorang yang melakukan pekerjaan ekonomi yang baik. Pekerjaan ini dilakukan sesuai dengan prinsip ekonomi, yang berarti akan sangat bermanfaat.

3. Seseorang suka memilih kegiatan atau kegiatan yang mendekati apa yang diinginkan.

Hal-hal mempengaruhi kebutuhan orang

Sebagai makhluk hidup, manusia memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, kebutuhannya bergantung pada banyak faktor, hal-hal tersebut tidak dapat berdiri sendiri, tetapi saling berkaitan, tergantung pada situasi saat ini. Ingin tahu apa yang memengaruhi kebutuhan orang? Ayo masuk, lihat dan nikmati sendiri!

1. Faktor Kondisi Alam

Alam memiliki peran dalam mengubah kebutuhan manusia. Sifat alam berkaitan dengan apa yang dibutuhkan manusia. Manusia akan berusaha dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan alamiahnya.

Misalnya, orang yang tinggal di daerah pegunungan seperti Dieng, tentu saja membutuhkan selimut atau pakaian lengkap untuk menahan rasa dingin. Sementara itu, penduduk pesisir, atau pesisir, daerah yang lebih hangat sangat membutuhkan pakaian yang ringan atau pakaian cuaca dingin.

2. Keyakinan agama Yang Dianut

Keyakinan atau keyakinan agama seseorang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Misalnya, umat Islam tidak makan daging babi, karena ajaran Islam melarangnya, atau kata haram.

Bagi umat Hindu, dilarang memakan semua daging. Dari kecelakaan ini, kita bisa melihat perbedaan kebutuhan setiap orang. Setiap agama membutuhkan alat untuk memenuhi kebutuhannya sebagai cara beribadah.

3. Adat Istiadat

Tradisi berasal dari tradisi tradisional, dan digunakan dalam masyarakat yang akan berdampak besar pada kebutuhan setiap orang. Karena tradisi akan mempengaruhi perilaku dan tujuan kesehatan sekelompok orang tertentu di tempat tertentu.

Perbedaan adat dan tradisi adalah kebutuhan yang berbeda. Misalnya, upacara pernikahan yang menggunakan adat Jawa tentunya berbeda dengan adat Sunda.

4. Pekerjaan atau item pekerjaan

Setiap profesi atau pekerjaan memiliki keunikannya masing-masing. Ada banyak profesi yang membutuhkan hal yang berbeda. Misalnya, seorang dokter membutuhkan stetoskop untuk mendukung pekerjaannya.

Petani memiliki kebutuhan yang berbeda dengan dokter, petani membutuhkan lebih banyak traktor, pupuk, benih untuk menunjang profesinya.

5. Tingkat budaya

Perkembangan zaman akan selalu diikuti dengan perkembangan kebudayaan manusia. Seiring berkembangnya budaya dalam masyarakat maka kualitas kebutuhan seseorang juga meningkat, hal ini dapat terjadi, karena modernisasi membuat kualitas dan kualitas kebutuhan seseorang semakin tinggi.

Jika pada zaman prasejarah kebutuhan manusia masih sedikit, dan pada saat perkembangan kebudayaan sedang berlangsung, manusia berusaha untuk memenuhi perkembangannya sendiri.

Misalnya, dulu orang tidak membutuhkan mobil, sekarang mobil merupakan hal yang besar dan penting, karena dapat mempermudah mereka dalam menyelesaikan pekerjaan atau lebih cepat sampai di tempat tujuan.

6. Alasan pendapatan

Setiap orang yang bekerja harus memiliki penghasilan, walaupun penghasilannya tidak sama. Jenis pekerjaan dan kedudukan seseorang menentukan besarnya pendapatan yang dimiliki seseorang.

Sejumlah besar pendapatan pribadi, yang memiliki dampak besar pada kebutuhan semua orang. Misalnya, masyarakat berpenghasilan rendah tentu akan lebih fokus pada kebutuhan pokoknya.

Namun, bagi mereka yang berpenghasilan tinggi, tingkat kebutuhannya akan tinggi, meskipun besar kecilnya kebutuhan setiap orang mungkin berhubungan. Namun, orang dengan lebih banyak uang memiliki lebih banyak kebebasan untuk memenuhi kebutuhan mereka daripada yang mereka butuhkan.

7. Faktor usia

Perkembangan manusia dimulai sejak lahir, dari anak, anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Faktor usia mempengaruhi kualitas hidup yang dibutuhkan. Kebutuhan mengikuti perkembangan manusia.

Misalnya, kebutuhan bayi berbeda dengan kebutuhan orang dewasa. Kebutuhan anak juga berbeda dengan kebutuhan orang tuanya.

8. Tingkat Kepuasan

Orang yang terlahir dengan kepribadian yang unik, belum pernah bertemu. Dengan cara ini, dengan kemajuan di bidang kepuasan. Setiap orang memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda.

Tingkat kepuasan ini mempengaruhi kebutuhan mereka. Orang yang tidak puas dengan mudah memiliki apa yang sudah dimilikinya, memang tingkat kebutuhannya lebih baik daripada orang yang puas dengan apa yang sudah dimilikinya.

9. Favorit atau Hobi

Mengapa satu orang membutuhkan hal yang berbeda, berikut ini menarik dan menarik. Hobi dan minatnya sangat berbeda, misalnya seseorang yang suka bermain gitar akan membutuhkan gitar, bukan joran.

Seseorang dengan hasrat untuk melukis akan membutuhkan pakaian, cat, dan kuas, bukan gitar. Begitu pula dengan orang yang suka traveling pasti membutuhkan tas besar, jas, celana gunung, sepatu, tenda, dan aksesoris traveling lainnya, bukan baju atau cat.

10. Sumber daya pendidikan

Pendidikan di negara kita adalah jenjang, dari kecil hingga pendidikan tinggi. Tingkat pendidikan ini telah memberikan kontribusi untuk kebutuhan seseorang. Misalnya anak PAUD memiliki kebutuhan yang berbeda dengan anak SD, anak SD memiliki kebutuhan yang berbeda dengan siswa, begitu juga dengan mahasiswa memiliki kebutuhan yang berbeda dengan anak SD.

11. Kesetaraan

Secara kodrat, manusia diciptakan untuk menjadi laki-laki dan perempuan. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda. Secara fisik, laki-laki berbeda dengan perempuan. Kita bahkan bisa mengatakan bahwa kebutuhan wanita mungkin lebih banyak daripada kebutuhan pria.

Wanita membutuhkan make up, seperti make up, tas, baju, perhiasan, dan lainnya. Ibu hamil tidak menyukai aktivitas yang melibatkan aktivitas fisik atau aktivitas yang sulit. Sementara itu, pria sendiri cenderung membuat pilihan yang mencakup masalah fisik, seperti bela diri, panjat tebing, mobil, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *