6 Strategi Untuk Meningkatkan Omset Dari Media Sosial

6 Strategi Untuk Meningkatkan Omset Dari Media Sosial

Menggunakan media sosial adalah cara paling efisien dari pemasaran media sosial untuk meningkatkan pendapatan bisnis Anda. Dengan menggunakan platform media sosial, Anda dapat menjangkau lebih banyak orang dan membangun hubungan dengan target pelanggan Anda. Hubungan baik yang terjalin tentunya mampu meningkatkan omzet yang diharapkan.

6 Strategi Untuk Meningkatkan Omset Dari Media Sosial
redcomm.co.id

1. Dapatkan lebih banyak ulasan

Pembeli yang puas akan menarik pembeli lain. Konsep ini merupakan konsep lama yang bisa diperkuat lagi dengan media sosial. Ketika orang mendengar tentang bisnis online Anda, mereka akan menemukan reputasi produk Anda di antara pembeli sebelumnya. Karena itu, Anda harus mencoba membuat orang melihat ulasan bagus dari pembeli yang puas. Cara yang bisa digunakan misalnya dengan membagikan ulang postingan review, mengumpulkan review di halaman website, atau memposting review di highlight Instagram.

2. Jadilah Pembicaraan

Strategi pemasaran “dari mulut ke mulut” masih merupakan strategi yang sangat mudah untuk mendapatkan pembeli. Kemudian ciptakan peluang untuk produk dan bisnis Anda untuk dibahas di kota. Misalnya, mengadakan acara gathering yang mengundang massa atau influencer. Atau dengan berpartisipasi sebagai sponsor dalam acara atau proyek komunitas lokal. Untuk mempercepat upaya strategi promosi seperti ini, Anda bisa bekerja sama dengan layanan digital marketing atau digital agency ternama. Ini akan membantu Anda mendapatkan reputasi di antara audiens yang bahkan belum pernah mengenal bisnis Anda.

3. Dapatkan penggemar setia

Memiliki penggemar yang loyal tentunya berdampak baik terhadap penjualan dan nama baik perusahaan. Tentu saja, Anda membangun hubungan baik dengan orang-orang yang tertarik dengan merek Anda. Buat komunitas online yang menyambut penggemar setia ini. Jangan ragu untuk memberikan mereka reward, yang bisa berupa kupon diskon khusus atau kesempatan untuk mencoba produk terbaru sebelum dirilis.

4. Ubah negatif menjadi positif

Salah satu bagian yang tidak menyenangkan dari media sosial adalah ada orang yang ingin menyebarkan hal negatif, ujaran kebencian, atau kritik yang tidak berdasar. Namun, jangan biarkan orang-orang ini pergi atau membuang komentar negatif. Berikan jawaban yang baik, tanyakan apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produk atau pengalaman berbelanja mereka. Dengan menanggapi negatif dengan sesuatu yang positif, Anda dapat mengubah orang-orang ini menjadi pelanggan setia.

5. Undang pelanggan Anda untuk mengundang teman

Di media sosial, pelanggan Anda secara virtual akan bergaul dengan orang-orang yang berada dalam situasi yang sama dengan mereka. Mereka adalah sesama pecinta KPOP, anime, politik dan lain-lain. Anda dapat mempelajari tentang komunitas dan minat sebagian besar pelanggan Anda dan menyesuaikannya dengan bisnis Anda. Anda juga bisa menawarkan reward kepada pelanggan yang mengajak teman untuk bergabung atau berinteraksi dengan akun media sosial Anda. Dalam jangka panjang, strategi ini akan membantu Anda memperoleh pendapatan.

6. Buat penawaran waktu terbatas

Penjualan dapat ditingkatkan dengan membuat penawaran terbatas. Hal ini akan mendorong orang yang selama ini ragu untuk membeli produk Anda menjadi lebih aktif. Jika Anda tidak mendapatkan respons yang Anda harapkan, perbaiki strategi pemasaran media sosial Anda dan coba lagi dengan cara yang lebih baik di lain waktu.

Kunci untuk meningkatkan pendapatan media sosial adalah membangun merek yang memiliki nama baik di kalangan pengguna media sosial. Tidak ada salahnya mempelajari bagaimana perusahaan lain mempromosikan dan mengadaptasinya ke dalam strategi bisnis mereka dan menyesuaikannya dengan selera pasar. Dibutuhkan inovasi dan kreativitas untuk meningkatkan omzet di jejaring sosial.